Assalamualaikum

Assalamualaikum

Senin, 14 November 2011

Menu Diet dr Samuel Oetoro

Untuk semua teman baruku yg pengen tau resep dietnya Dr Samuel Oetoro, saya akan perkenalkan dulu diri saya sedikit ya.

Usia saya skrg 41 thn, 3 anak, bekerja dan pernah gemuk :D. Tahun 2006 saya melahirkan anak ketiga dan caesar dgn kenaikan berat badan 28 kg. Setelah anak saya lahir, berat badan (BB) saya gak turun2 dan bikin frustasi sampai 6 bulanan. Dulu saya menikah beratnya 45 kg, dan saat frustasi itu berat saya masih 75-78an kg.

Atas anjuran teman, saya disuruh ke dokter gizi Dr Samuel Oetoro di Plaza Semanggi. Dengan berat sekitar 75 itu, saya sebenernya minder sama suami saya. Untungnya saat itu, suami saya juga tambah berat badan dari 60-75an. Jadi kami sekalian ke dokter Sam.

Dasar saya mau ke dokter adalah saya ingin sehat dan juga langsing. Saya juga gak mau dianggap remeh sama pasangan sendiri. Saya bertekat harus bisa langsing lagi!!

Setelah diperiksa dgn alat pengukur index massa tubuh, saya dinyatakan obesitas tingkat tinggi (saking tingginya, di diagram udah gak ada kotaknya lagi :D ). Saya diharuskan turun minimal 15 kg dan suami saya 10 kg. Saat itu usia saya 36 thn tapi sel2 dalam tubuh saya spt 46 tahun!

Resep dokter samuel untuk makanan saya :
1. Sarapan hanya sebuah apel atau pir serta air putih SETIAP JAM. Apel ini dijus bersama segelas susu protein. Kebetulan saya tdk suka susu protein dan jus, maka untuk saya dibolehkan sebutir apel dimakan tanpa dikupas dan 4-5 butir putih telur rebus.

2. Jam 10an, boleh ngemil tapi buah saja.

3. Jam 12 makan siang: nasi 5 sendok makan + ikan/dada ayam tanpa kulit/tahu/tempe dan sayuran tdk bersantan. SEMUA DIKUKUS atau DIBAKAR atau DISTEAM. TIDAK BOLEH DIGORENG.

4. Jam 3 makan selingan buah potong

5. Jam 6 makan malam, TANPA NASI, lauk sama spt di atas, dan semangkuk sayuran, dan buah lagi.

6. Tdk boleh makan setelah jam 6 sore.

Semua makanan itu gak ada gunanya kalau  lemak di badan kita tdk dibakar. Makanan dikurangi, lemaknya HARUS DIBAKAR! Harus olah raga, yaitu pilihannya:

1. Treatmill (pilihannya elevated), 30 menit pada minggu pertama. 45 menit mulai minggu kedua sampai sebulan. 60-90 menit (atau sekuatnya) pada bulan kedua. Seminggu 4-5 kali.
2. Atau jalan cepat, BUKAN LARI. Kenapa gak boleh lari? Karena dalam keadaan gemuk, kalau lari malahan gemuknya jadi otot deh...Jalan cepatnya tidak boleh berhenti2. 30 menit dulu, baru 45 menit seminggu kemudian, sampai sejam setelah sebulan.
3. Berenang, minimal 30 menit 4x seminggu.

Teorinya gini: makanan yg disebutkan tadi itu, hanya buat tenaga kita saja, yg akan digunaakan utk membakar kelebihan lemak. Lemak harus dibakar dgn treatmill tadi dan kecepatannya maksimal 5.5. Gak boleh lebih, gak boleh lari terus2an. Nah, karena makanannya cuma sedikit yg masuk, jadi mau gak mau lemak akan terbakar krn olah raga.

INGAT LHO, DUA MINGGU PERTAMA adalah siksaan hidup banget!! Saya hampir putus asa. Hampiiiir nyerah, rah! Tp saya kembali ke niat awal bahwa saya harus sehat dan langsing lagi. Saya mau cantik juga! Jadi saya gak akan pernah nyerah. Gak akan!!

Masuk minggu ketiga dst, saya mulai ketagihan treatmill, apalagi saya mulai ngerasa celana2 training saya kedodoran.

Karena saya sudah terlanjur berusus panjang dan doyan makan, memang dokter sam memberikan bbrpa suplemen (dia sih gak kasih tau namanya, tp saya tau dari apotekernya bahwa itu banyak produk MLM juga) yg diresepkan.
Setelah sarapan buah, saya diberi obat pembakar lemak yaitu (sejenis) reductil. Setelah minum ini, saya jadi semangat kerja, gak ada capeknya, tapi cepat haus. Jadi saya minum terus. Saya juga jadi gak nafsu ngemil. Setiap jam pas kerja/kegiatan, harus minum air putih saja. Boleh air es, tapi gak boleh pakai sirup!!

Sebelum makan siang dan malam, saya diberi obat xenical, pengikat 30% lemak makanan yg masuk ke dalam tubuh. Terutama kalau makanannya masih ada kandungan minyaknya.

Pagi, sore saya dikasih antioksidan dan multivitamin, supaya saya tdk gempor dan layu karena olahraga yg sangat berat buat saya saat itu.

Antioksidan perlu, sama perlunya dgn vitamin. Tanpa minum itu, muka dan badan kita kayak kendor dan lembek2. Dan juga nampak tua.

Makanan yg dilarang banget adalah SEMUA GORENGAN apa aja. SEMUA MINUMAN DAN MAKAN YG MANIS2. Baik ygngandung gula atau soda kayak coca cola, THE BOTOL dan sejenisnya.

Setelah 2 minggu, kita akan dikasih hari bebas boleh makan apa saja asal tdk berlebihan...satu hari saja dalam seminggu.

Buah yg dilarang: mangga, pisang, duren.
Alpukat malahan boleh, sebagai pengganti cemilan. Kalo pengen ngemil, mending ngerok alpukat!

Saat itu ke dokter samuel biayanya sih 300 ribuan, karena pakai alat pengukur. Dua minggu kemudian pas kontrol lagi, biayanya hanya 100-150 ribuan. Nah, susu proteinnya yg mahal dan suplemennya. Mungkin bisa habis sekitar 600-900 ribuan saat itu sekali datang. Itu tahun 2006.

Sekarang dr Sam prakteknya di Siloam Semanggi (belakang kampus atmajaya) telponnya 02129962888/‎​02157991779. Satu lagi di menara kuningan HR Rasuna Said telponya 02130027070.

Catatan yg saya bisa ambil adalah: saya memang bisa turun 5kg dalam waktu 2 minggu karena diet makanan saya. Tapi kata dokter, dgn berat saya spt itu, 5-7 kilo pertama yg turun itu adalah kandungan air dalam tubuh. Nah, lemaknya sendiri tidak/belum berkurang. Makanya HARUS TREATMILL/OLAH RAGA. Maka setelah itu, baru deh lemaknya yg turun.

Untuk teman2ku yg punya sakit maag, sebaiknya konsultasi dulu, karena ada obat tambahan kayaknya deh. Trus yg berat badannya kelebihan di atas 25 kilo, mau nggak mau harus diawasi olah raganya. HARUS! Kalau perlu pakai personal trainer. Kalau nggak ada yg awasi, yg pasti akan malas!!!

Prinsipnya gini: sehebat apapun obat/diet makanannya, hanya bisa menurunkan berat badan saja, bukan menurunkan jumlah lemaknya!!! Lemaknya, tetap harus pakai olah raga.

Kalau mau olah raga, ajakin temen, pacar, suami, adek, kakak atau siapa aja yg bisa bantu semangatin. Kalau mau ke gym, cari tempat yg segar segar pemandangannya..:D. Kalau mau jalan cepat, sering2 ke kantor jalan atau naik turun tangga, apa aja asalkan 30 menit gak berhenti.

Pokoknya, harus ditekatin: Saya harus langsing karena saya mau cantik atau ganteng! Saya gak mau minder, saya juga bisa selangsing wulan jameela atau seseksi Jenifer Lopez! Kata siapa gak bisa??

Percuma deh kalian capek2 diet dan bayar dr samuel oetoro mahal2, kalau gak olah raga juga...Dan saya berhasil menurunkan berat badan saya menjadi hanya 54 kg dari sekitar 75 kg. Pada bulan ketiga, saya tdk ke dokter Sam lagi, tapi hanya melatih kebiasaan saya saja. Selama satu bulan kemudian, saya hanya bisa menurunkan 5 kilo saja menjadi 49 kg, dan sudah mentok gak bisa turun lagi.....

Jadiii, selamat mencoba ya! Jangan lupa, segala sesuatunya harus mengucapkan Bismillah atau dengan Nama Allah..

Good luck...
Powered by Telkomsel BlackBerry®

3 komentar:

  1. Turun dari 75 kg jadi 54 kg dalam brp bulan mbak? Hebaaat :D

    BalasHapus
  2. Sama mirip aku tp sekarabg dah.ndut lagi tp lupa nama anti oxydant dan vitaminnya kalau boleh tau,sbg tambahan buat smoothiesnya buah pir hijau +minyaj zaitun+perasan lemon 1sdm+susu protein bikun kulit jd mulus

    BalasHapus
  3. Setelah berhenti diet, beratnya naik lagi ga mba?

    BalasHapus